Suatu hari ada pertanyaan dari seorang kawan …
X: Mas, bagaimana cara nge-zip file foto supaya ukurannya lebih kecil? Ini mau dikirim lewat email tapi ukurannya besar.
A: Kalau file foto (.jpg) biasanya sudah terkompres, jadi gak bisa dikecilin lagi. Kalau mau ya di-resize aja filenya.
X: Tapi ini filenya banyak, masa harus di-resize satu-satu??
A: Hmm… sebentar.. *mikir* … coba aku cari program yang bisa me-resize file secara otomatis (massal).

Akhirnya setelah googling, ketemu link ke sebuah forum dengan thread seperti yang dimaksud diatas. Dari beberapa solusi yang ada, ternyata ada yang menyarankan untuk memakai software IrfanView. Sebenarnya saya sudah pernah pakai software ini dulu, tapi nggak tau kalo ternyata bisa digunakan untuk melakukan batch renaming. Yang belum punya softwarenya bisa download IrfanView (884 KB) dulu – gratis (freeware).

Setelah instalasi sukses, langsung buka IrfanView. Pilih menu File > Batch Conversion/Rename. Dalam kasus kawan saya diatas, dia punya sekitar 900 file yang hendak di-resize (hasil dari jepretan kamera digital) dan disimpan dalam sebuah folder yang memiliki beberapa sub-folder. Untuk itu kita bisa gunakan fasilitas LOAD TXT (lihat gambar).

IrfanView Batch Conversion

Fungsi tombol LOAD TXT adalah untuk membuka sebuah file Text (.TXT) yang berisi daftar file-file gambar lengkap beserta lokasi foldernya. Untuk membuat file text tersebut (misal: DAFTAR.TXT) caranya sebagai berikut :
1. Klik Start > Run
2. Ketik
DIR "D:\Data\Foto Baru\*.jpg" /b /s > C:\TEMP\DAFTAR.TXT
 
Command diatas akan menghasilkan file DAFTAR.TXT di folder C:\TEMP (nama folder bisa diganti terserah anda; juga sesuaikan nama folder sumber foto). File inilah yang kita load dengan button LOAD TXT di IrfanView diatas. Lalu pilih Advanced Options, dan aktifkan opsi-opsi berikut :

IrfanView Advanced Options

Setelah klik tombol OK, anda akan kembali ke menu awal. Klik tombol START untuk mulai proses konversi. Tunggu sampai proses selesai… dan 900 file foto tadi sudah berhasil di-resize dalam sekejap!!!

Atau pakai program berikut :  Picture Resize Genius

Semoga bermanfaat…!

Sumber : http://infogaptek.com/ dan http://my.opera.com/