Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan dirilis tahun 1995. Java berbeda dengan JavaScript.

JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser. versi release java pertama kali adalah versi 1.0 pada tahun 1996, yang hingga kini terus dikembangkan versinya. berbagai aplikasi komputer termasuk OS android dari google membutuhkan juga membutuhkan java, apabila system dari komputer Anda belum dilengkapi dengan java JRE (Java Runtime Environment) atau JDK (Java Development Kit), maka aplikasi tertentu tidak akan bisa berjalan dan biasanya ada peringatan pemberitahuan bahwa Anda perlu menginstall java terlebih dahulu, beberapa aplikasi postingan saya membutuhkan java sehingga postingan ini dapat dijadikan alternatif mendownload, karena ukuran file-nya lumayan besar akan dibutuhkan waktu yang lama untuk menginstalnya, berikut ini link download installer java via offline, sehingga file hasil download dapat Anda pergunakan sewaktu-waktu pada komputer yang berbeda tanpa harus terhubung online.

Berbagai operating system dan bahasa didukung oleh java, mulai dari windows, linux, Mac Os dan lain sebagainya, sesuaikan dengan kebutuhan Anda,

Download java SDK and tools

atau untuk versi windows 32 bit bisa langsung klik disini